Powered by www.tvone.co.id
(Double click pada layar TV untuk fullscreen, klik stop untuk berhenti)



jadwal acara dan situs resmi TV ONE www.tvone.co.id




Selasa, 25 November 2014

PENANTIAN



Menurut gue dalam kehidupan itu relatif gimana kita yang ngejalaninnya. Oya kenalin gue Poetry yang kalau diartikan kedalam bahasa indonesia artinya puisi atau kesastraan. Maybe ortu gue ngasih nama supaya gue suka sama puisi dan sastra. Dan itu berhasil. Gue suka banget sama yang namanya karya sasatra. Dan gue sekarang duduk di bangku SMA.
        Kalau-kalau dinovel yang suka gue baca, SMA itu masa-masa paling menyenangkan yang pernah ada. Biasanya masa ini diisi dengan kisah percintaan, persahabatan, penghiantan, mimipi-mimpi serta angan-angan masa depan kita. Gue juga ngerasain hal yang sama tapi tidak dengan kisah percintaannya. Maybe kalian semua gak akan percaya kalau gue yang bentar lagi lulus ini belum pernah pacran (melas, T.T). secara gue itu orangnya terkenal aneh dan gak banget. Kehidupan gue penuh dengan dunia khayalan gue yang seabreg-abreg itu.
        Dunia gue di isi dengan drama dan film korea(udah banyak yang ditonton, :p), Harry potter(sama gilaya sama dunia gue), super junior, running man, dan novel-novel.
        Gue pernah juga ikut teater tapi itu gak berlangsung lama karena ortu gue gak ngijinin pulangnya malem mulu. Padahal disana ada cowok yang gue suka (bertepuk sebelah tangan, hiks) tapi apa boleh buat gue gak mau jadi anak durhaka. Gue juga sering bikin puisi sama cerpen-cerpen dan tulisan lainnya tapi gak ada yang gue kirimin ke redaksi, gue gak yakin sama karya gue alhasil gue pajang di facebook.
        Hari ini hari paling menyenangkan dan free karena gue bebas drai rutinitas belajar dan seragam yang menyita waktu gue. Yupz.. hari ini hari terakhir UN. Sebenarnya hari ini biasa aja tapi karena hari ini gue ketemu bias gue yang gak lain kakak kelas gue dlu di SMA. Gue ketemu dia di toko buku langganan gue. Sewaktu gue nyari-nyari novel dia gak sengaja nabrak gue, gue sih gak apa-apa sering ditabrak dia juga,. hehehehe
        “Loe Poetry kan ade kelas gue?” Tanya dia setelah minta maaf karena nabrak gue.
        “Yapz.. Ka Rumi?” jawab gue so kaget padahal seneng tiada tara
        “ Loe kira siapa, Tommy Kuriawan? Hahahaha.. loe sendirian aja?” melanjutkan pebicaraan kami.
        Gue senyum medengar omongannya, “Gak ko gue seRT, ya gue sendirianlah Kak. Kakak lagi ngapain disini? Suka baca buku juga?”
        “Gak sih gue lagi nemenin pacara gue,(deg) dia lagi nyari buku gitu” terangnya sambil celingak-celinguk nyari orang. Ini yang bikin gue kehilangan senyum termanis gue. “itu dia, Lyra sini aku kenalin kamu sama temen aku” tak lama dari arah belakangku muncullah sesosok dementor, upss.. pacarnya maksud gue. Dan akhirnya gue kenalan sama Kak Lyra bidadari yang mendiami hati Kak Rumi dan domentor bagi gue, hiks.
        Langit yang tadinya cerah menjadi mendung, bahkan hujan. Dari awal juga gue bilang yang terjadi di dunia ini itu relatif. Gue meninggalkan Kak Rumi dengan serpihan hati dan angan-angan gue. (udah kaya lagu utopia aj, ckckck.. maybe patah hati bisa bikin orang gak waras. Tahu deh. #angkat bahu).
***
Pengemumuan kelulusan pun dateng, sekolah gue tak menyisakan anak kelas tiga disekolah, yiippy.. gue sama temen-temen gue lulus meskipun dengan nilai yang masih pantas kita bangkakan kepada orang tua kita.
Sebenernya gue agak takut menghadapi dunia nyata yang akan gue hadapi mulai dari sekarang dan masuk ke universitas adalah langkah awalnya. Karena berhubung gue anak cewek gue dilarang kuliah jauh-jauh dari rumah ortu gue. Dan parahnya gue nurut aja lagi kemauan ortu gue. Mungkin gue gak mau disebut anaka durhaka kali yea? Heran.
Di masa perkuliahan, gue banyak nemuin temen-temen dari yang aneh sampae yang bener. Dari yang manja sampae yang dewasa. Dari yang suka perempuan sampe lekong, loh? J
Banyak cerita yang terlewatkan gue jamin ini kalau diceritai secara lengkap baklan berratus-ratus halaman. Dan gue gak mau kalaian yang baca sakit mata. J.. dan diantara banyaknya cerita gue juga punya cerita tentang cinta dan gue kasih judul ‘LOVE STORY IN UNIVERSITY’ meskipun gak semulus judulnya. Gimana gak domentor ada dimana-mana ternyata. Dan lagi-lagi gue tak berdaya menghadapinya.
Oke gue ceritain kronologis ceritanya! Gini pas ospek gue ketemu dia untuk yang pertama kalinya. Dia salahsatu kakak tingkat gue gitu. Namanya Gibran, dia anak tingkat 2 di prodi bahasa dan sastra indonesia. Dia memiliki rambut panjang dan gayanya selengean khas anak-anak satra. Awalnya gue gak tertarik sama dia setelah gue liat rambutnya yang acak-acakan ketiup angin pada ospek hari ke-tiga. Anehkan? Gue juga ngerasa aneh temen-temen gue bilang gini: ‘masa loe suka sma orang gara-gara alasan itu? Yang bener aja’. Gue sih gak terlalu mikirin emang jatuh cinta perlu alasan? Gue rasa tidak. Tapi tiba-tiba gue dihinggapi domentor. Kak Gibran udah punya cewek, kebayangkan sakitnya kayak apa. Setelah itu gue gak jatuh cinta lagi agak sedikit trauma.
Di masa kuliah gue tahu banyak hal yang dulu gue gak ketehui, tentang pelajaran kehidupan dan politik. Politik? Hal asing buat gue karena gue gak suka dengan trik yang ada didalamnya. Dan gue gak suka dan gak banget kenapa karena yang namanya politik itu tidak menunjukan muka asli kita dan jangan percaya kepada siapapun yang menurut gue kok kayak make topeng alias munapik.
Gue rasa gue sedikit lebih dewasa, karena gue tahu mana yang benar dan yang mana salah minimal buat diri gue sendiri.
***
Empat tahun itu cepet banget dan selamat atas kelulusan gue! Sekarang gue jadi sarjana. Hehehe.. tangtangan terbesar adalah nyari pekerjaan. Gue gak mau jadi salah satu dari sarjana yang nganggur. Maka dari itu gue mengirimkan surat lamaran gue keseluruh penjuru mata angin (hahahaa... iya kalau dapet).
Yang bikin gue pusing tujuh keliling adalah tuntutan dari nyokap gue yang minta mantu.suatu sore gue lagi duduk-duduk di ayaunan yang ada di halaman rumah, dan nyokap gue ikut-ikutan duduk terus dia mengemukakan wejangannya.
“Poetry, kamu kok gak pernah bawa pacarmu?” tanyanya membuka pembicaraan diantara kami. “Masa kamu kalah sama adik Sastra?” tambahnya yang bikin mulut gue gak bisa jawab.
“Mmmmm.. Belum ada mah,  kalau udah ada entar aku juga kenalin ke mamah” jawab gue gelagapan
“ya nyari dong  jangan diem aja di rumah terus” kata mamah menimpali jawaban gue
“Aku sih lagi nyari kerjaan Mah, kalau cowok sih entar juga dateng sendiri” jawaban gue yang terakhir membuat mulut Mamah gue bungkam untuk sementara dan itu menyelamatkan gue dari pertanyaan-pertanyaan selanjutnya. Sebelum itu terjadi gue cepat-cepat pamit masuk ke dalam rumah. ‘Sorry mah ada yang jauh lebih penting dari pada cowok dalam hidupku sekarang ini’ batin gue kalau gue ngomong gitu sama mamah gue bakalan di semprot tujuh hari tujuh malam.
***
Soal pekerjaan setelah bertahun-tahun gue masukin lamaran, gak ding beberapa bulan, hehehe... Finally gue dapet juga dan kalian harus tahu gue jadi guru bahasa dan sastra indonesia di salah satu SMP, yey.. gue sendiri gak mimpi buat jadi guru dulu gue sering bermimpi jadi novelis tapi takdir gue yang membawa gue ketahap ini. So, jalanin aja!
By the way gue masuk kelas untuk yang pertama kalinya, gila gue nervous bingit, soalnya ini jadi pengalaman pertama gue ngajara waktu PPL dulu sih beda lagi rasanya, kali ini 2 atau 3 kali lipetnya.
Kalau ditanya persiapan gue ngajar,  gue sih udah belajar tadi malam. Buka-buka buku pelajaran bahasa dan sastranya terus gue bikin RPP(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).
Sebelum masuk kelas gue pasti ke kantor guru dulu, dan pasri gue juga kenalan sama guru-guru dan diseabreg-abreg gurunya ada sosok manis disana. Namanya Arjuna, guru matematika di sana gue tahu dari papan yang ada di mejanya. You know what kursi gue bersebelahan dengan dia, lucky me! Hehe
Perkenalan gue dengan makhluk manis ini dimulai ketika dia memberikan selamat bergabung padaku.
Gue menata diri gue dan akan siap-siap mengajar, tiba-tiba seseorang berbicara padaku “Goog luck!” katanya.
***
Beberapa bulan kemudian gue sudah terbiasa dengan rutinitas baru gue, dan hubungan gue sama rekan kerja gue berkembang jadi sahabat. Biasanya kita kemana-mana bareng. Di suatu sore gue jalan bareng dia di suatu mol, dia minta dianter beli kado buat sepupunya yang cewek, setelah muter-muter akhirnya yang dicari dapet juga.
Sebelum pulang gue sama dia makan di sebuah cafe, kita makan di sebuah meja dekat dengan jendela setelah memesan beberapa menu. Gue pernah bilang belum kalau menunggu itu membosankan tapi kali ini menjadi pengecualian gue nunggu bareng arjuna. Gue berharap lebih lama lagi nunggunya supaya gue sama dia pun lebih lama lagi. Hehehe
Tiba-tiba bahu gue ada yang nepuk, gue terperanjat kaget melihat siapa orang yang nepuk pundak gue tadi, Kak Rumi cowok yang dulu gue suka.
“Poetry kan? Gue Rumi loe masih inget kan?” tanyanya tanpa memperdulikan cowok yang ada di samping gue.
“Kak Rumi, inget dong  Kak. Sendirian aja? Dementornya mana.. eh.. maksud aku Kak Lyranya mana?” jawab gue
“Dia lagi ke toilet, ini siapa poet, Pacar?” tanyanya kemudian, kayaknya dia baru ngeh sama juna.
“Owh ini Juna, Arjuna Ka, temen aku”
“Pacar juga gak apa-apa kok, oya dateng ke acara nikahanku yah minggu depan ajak dia sekalian”
“Aku usahain yah kak, ya kan Jun?” kataku, yang ditanya malah ngangguk doang.
gue dan  Juna pamit padanya. Gue juga bingung mau dateng atau nggak yang jelas gue gak mau mikirin sekarang. Yang dipikirin gimana caranya nyampe rumah.
***
Pas hari ulang tahun sepupunya Juna. Gue gak nyangka mau diajak ke sana, coba bayangin aja! loe datang ke pesta dan disana loe dianggep keluarga sendiri, ngerti kan maksud gue? Secara tidak langsung Gue dianggep calonnya Juna, karena baru kali ini Juna ngajak cewek ke acara keluarganya. Dan cewek itu gue. G U E.
Malam ini gue jadi pusat perhatian, untungnya gue tadi di dandanin mamah. Gue di paksa buat pakai gaun warna biru selutut dengan wadges segala dan tidak lupa riasan wajah,  jadi gue gak malu-maluin Juna.
Sewaktu kita duduk di taman belakang rumah omnya Juna, kita berdua cekikikan. Lucu membayangkan kejadian tadi, cewek yang selama ini ngejar-ngejar Juna  pingsan pas liat gue digandeng. Kasihan memang tapi bukan salah gue wong gue yang digandeng bukan ngegandeng. hehehe
“Lucu yah, masa semua orang ngira kita pacaran. Ada-ada aja! Apa lagi pas cewek itu pingsan” kata-kata itu meluncur begitu saja dari mulut gue.
“Aku harap yang mereka kira itu benar, aku ingin jadi pacar sekaligus calon suami kamu” katanya sembari memegang tangan gue, so sweet.
Deg.. “Kamu gak lagi bercandakan?” Tanya gue memastikan siapa tahu dia bercanda doang.
        “Aku gak bercanda. Aku nyaman sama kamu, hanya kamu yang bisa ngerti aku. Kalau kamu mau minggu depan Aku sama keluargaku kerumah kamu buat ngelamar kamu, gimana? Katanya yang bikin gue shock.
        Aku menjawab “mmmmm...(mengangguk) Aku mau kok” mau banget malah ini yang beberapa bulan lalu aku inginkan sebenarnya.
        “Makasih yah, poetry!” dia memeluk gue, malam ini jadi malam terindah dalam hidup gue. Akhirnya kejombloan gue teratasi. ‘mamah sekarang anakmu yang satu ini punya pacar, asyiiik’ teriak gue dalam hati.
        ***
        Satu minggu kemudian Juna membuktikan ucapannya, dia dan keluarganya dateng ke rumah gue untuk melamar. Dan gue harus bilang maaf ke Kak Rumi gue gak bisa hadir di acara nikahannya. Memang cinta itu bisa dateng kapan saja, dimana saja, dan dimana saja tanpa kita tahu an kita duga.
        Tamat
        ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar